PROJECT REFERENCE – COMORO BRIDGE

Kota Dili, rumah untuk sekitar 250.000 jiwa, merupakan ibukota dari Timor Leste. Kota Dili dibelah oleh sungai Comoro menjadi 2 sisi yaitu sisi timur dan barat. Jembatan Comoro dibangun untuk menjawab kebutuhan akses penyambung antara sisi timur dan sisi barat dari Dili. Dibangun dengan bantuan dari JICA, pembangunan jembatan ini diharapkan dapat mengantisipasi pertumbuhan lalu lintas, dan menstimulasi kegiatan ekonomi dari kota Dili.

Kontraktor utama proyek ini adalah Joint Veture antara Tobishima Corp. (Jepang) dengan Carya Timor Leste Ltd (Timor Leste). Jembatan ini didesain dengan sistem double box-girder sepanjang 250 meter. Jembatan Comoro dibangun dengan metode cast in-situ , dan dimulai sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2018.

PT. Freyssinet Total Technology berkesempatan untuk ikut ambil bagian dalam proyek pembangunan Jembatan Comoro, untuk pelaksanaan sub pekerjaan post-tensioning. Sesuai dengan kebutuhan metode pelaksanaan dan tahapan konstruksi, di sini Freyssinet menggunakan coupler dengan fixed multi-strand coupler CU 12C15.

Di proyek ini, Freyssinet berhasil menunjukkan kinerja yang baik khususnya dari segi K3 & safety sehingga pantas untuk diganjar dengan penghargaan Safety Award.

DATA PROYEK
Owner : Timor Leste Ministry of Public Work
Contractor : Tobishima Corp. – Carya Timor Leste (JO)
Bridge Length : 250 meter
Konfigurasi : 22 x 12 strand
Durasi : Juli 2017 – April 2018