PENGGANTIAN EXPANSION JOINT DI RUAS JALAN TOL TANGERANG-MERAK

Freyssinet mampu menawarkan beragam tipe expansion joint tergantung kebutuhan masing-masing struktur. Variasi tipe expansion joint yang dapat kami sediakan mampu mengakomodasi pergerakan struktur dari yang paling kecil hingga yang paling besar, dan tersedia dalam berbagai tipe, baik tipe aspaltic, metal, elastomer dan modular.

Gambar 1 Varian tipe siar muai Freyssinet dan keunggulan masing-masing tipe

Klien kami, PT Marga Mandalasakti, adalah salah satu operator jalan tol terbesar di Indonesia yang mengoperasikan jalan tol ruas Tangerang-Merak. Ruas jalan tol ini merupakan salah satu ruas tersibuk di Indonesia dan merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Jakarta, kota-kota satelit dan kawasan industri di Barat Jakarta hingga ke Pelabuhan Merak. Untuk memberikan pelayanan terbaik, klien menginginkan expansion join yang dapat mampu menahan tingkat lalu lintas yang tinggi, nyaman untuk dilewati tetapi tetap dapat diandalkan dalam jangka waktu yang panjang.

Freyssinet menjawab keinginan klien dengan menghadirkan expansion joint tipe Finger Joint-Wd.  Expansion join tipe Wd dari Freyssinet adalah tipe expansion join  dengan elemen yang kuat serta mudah untuk dipasang. Expansion joint tipe Wd60 ini sangat cocok untuk digunakan pada celah dengan lebar 20-80 mm seperti yang banyak terdapat pada ruas jalan tol.

Sebagai permulaan Freyssinet mengerjakan mock up penggantian expansion  join dari eksisting menjadi tipe Wd60 sepanjang 25 m. Lingkup pekerjaan yang Freyssinet lakukan termasuk pembongkaran expansion joint dan lapisan aspal eksisting, pelapisan ulang aspal yang baru di sekitar titik-titik penggantian expansion join serta pemasangan expansion join tipe Wd60.

Di akhir pekerjaan mock up ini, klien cukup puas dengan kualitas pekerjaan dan produk yang dipasang oleh Freyssinet dan memberikan kontrak baru untuk mengganti lebih dari 300 meter siar muai eksisting, di sepanjang ruas jalan tol Tangerang-Merak, dengan tipe Wd60 ini.