ROADSHOW INDONESIA – SEMINAR DAN WORKSHOP

ROADSHOW INDONESIA – SEMINAR DAN WORKSHOP

Setelah berhasil menyelenggarakan seminar bertajuk seismic isolation pada Oktober 2018 lalu di Jakarta, Freyssinet kemudian mengadakan workshop di Indonesia tepatnya di Medan, Surabaya, dan Padang.

Medan

Melihat pembangunan infrastruktur di wilayah Sumatera yang semakin gencar, Freyssinet bekerjasama dengan HAKI Komda Sumut dan juga Departemen Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara mengadakan workshop bertema “Perancangan dan Pelaksanaan Prestressed pada Box Girder”.

Acara ini diselenggarakan di gedung IKATSI USU pada tanggal 23- 24 November 2018. Workshop ini diikuti oleh enam puluh lima peserta, mulai dari Dinas PUPR Sumatera Utara, konsultan perencana, kontraktor lokal, dosen, hingga mahasiswa. Hadir juga Bapak Vincent Bernier selaku Direktur PT Freyssinet Total Technology, Bapak Ir. Daniel R. Teruna, M.T., PhD. Ketua Komda Sumut, dan Bapak Medis Surbakti, S.T., M.T., PhD. Selaku Ketua Departemen Teknik Sipil USU.

Selama dua hari tersebut, peserta mempelari perihal konsep umum prestressing, desain box girder, metode konstruksi box girder, konsep tentang base isolation system terhadap gempa pada struktur box girder, dan juga simulasi nyata cara stressing pada girder. Workshop ini sengaja dibentuk agar peserta mampu memahami dengan detail, baik teori maupun praktik di lapangan.

Surabaya

Bertambahnya frekuensi aktivitas gempa di wilayah timur Indonesia menjadi salah satu fokus utama para pelaku konstruksi di tanah air.

Freyssinet Total Technology sukses menyelenggarakan workshop Seismic Protection System dengan kolaborasi bersama HAKI dan Universitas ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya pada 23 April 2019.

Topik “Sistem Perlindungan Gempa pada Struktur dengan Penggunaan System Passive Control” menarik perhatian lebih dari 80 peserta dari kalangan Konsultan, Kontraktor, Owner, Dosen, dan Mahasiswa.

Pembicara pada acara ini adalah Ir. Diana Kusumastuti, MT (Direktur BPB Kemen- PUPR), Ir. Faimun, M.Sc,. Ph.D (ITS), dan Tri Suryadi, ST. MT. (Freyssinet).

Melalui workshop ini Freyssinet memberikan sharing ke para peserta agar dapat mengerti lebih dalam, juga memberikan awareness lebih terhadap sistem struktur anti-seismic di Indonesia.

Padang

Melihat keberhasilan workshop yang diadakan di Medan, selang enam bulan acara yang sama juga diadakan di Padang, Sumatera Barat. Masih mengangkat tema yang sama dengan workshop sebelumnya yaitu girder, workshop di Padang mengangkat judul “Perancangan dan Pelaksanaan Prestressing pada PC-I Gider”. Acara diadakan selama tiga hari, pada tanggal 26 – 27 April 2019 di Aula Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang.

Workshop di Padang merupakan kerjasama antara PT Freyssinet Total Technology, HAKI Komda Sumbar, dan juga Politeknik Negeri Padang. Acara dihadiri oleh enam puluh peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dari universitas di Padang, beserta perwakilan dari Dinas Bina Marga, Dinas Perkimtan, dan Dinas PSDA dari Dinas Pekerjaan Umum.

Antusiasme peserta yang sangat tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan sewaktu workshop, terlebih saat topik penggunaan seismic bearing (based isolation system) pada struktur disampaikan. Hal ini dipicu oleh kondisi wilayah Padang yang merupakan kawasan rawan gempa.

Workshop dibuka oleh Dr. Ir. Yurisman, M.T. perwakilan dari HAKI Komda Sumut, Bapak Aguskamar selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, dan Bapak Vitradi selaku Kepala Cabang Sumatera PT Freyssinet Total Technology.

Selama tiga hari, peserta mempelajari spesifikasi bearing, desain jembatan PC-I Girder, dan penggunaan seismic bearing pada struktur jembatan. Acara ditutup pada hari Minggu siang dengan simulasi stressing menggunakan hydarulic jack pada mock-up tendon girder. Kedua mock-up tendon girder dihibahkan kepada kedua universitas sebagai bahan pengajaran di kampus, baik USU maupun Politeknik Negeri Padang.