MSE WALL, MEDAN

Reinforced Earth adalah salah satu anak usaha dari group Soletanche Freyssinet, yang merupakan pionir di bidang konstruksi MSE (Mechanically Stabilized Earth) Wall.
Struktur MSE Wall sangat berguna sebagai proteksi lereng di area timbunan. Struktur Reinforced Earth terdiri dari timbunan material pilihan yang dipadatkan sampai kepadatan 95% standard proctor dan material perkuatan berupa steel strip/geostrap yang berfungsi untuk mengaktifkan kekuatan frictional dari komposit kedua material tersebut. Panel beton digunakan sebagai facing pada permukaan dinding terekspos, sekaligus untuk menyatukan semua komponen menjadi satu kesatuan sistem.


Pada proyek retaining wall di salah satu superblock di Medan ini, Reinforced Earth digunakan sekaligus sebagai struktur landscaping. Retaining wall dengan Reinforced Earth ini akhirnya dipilih sebagai solusi yang paling efektif mengingat penggunaan struktur dinding penahan tanah konvensional (cast in situ) yang memerlukan penggunaan piling, tidak mungkin dilakukan di lokasi proyek yang berada di atas jalur listrik Sumatra Utara.
Penggunaan Reinforced Earth memungkinkan untuk dikerjakan karena mampu mengeliminasi kebutuhan penggunaan piling untuk kebutuhan stabilitas daya dukung tanah.
Penggunaan finishing arsitektural juga dimungkinkan pada struktur Reinforced Earth terutama untuk struktur di area komersial dan/atau di daerah perkotaan. Pada proyek ini, finishing digunakan dengan pasir kuarsa sebagai tekstur pada permukaan panel beton.