PERKUATAN LERENG LUMUT BALAI

Pertamina Geothermal Energy (PGE) sebagai salah satu pelaku bisnis di bidang energi panas bumi (geothermal) saat ini sedang mengembangkan lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi yang terletak di Lumut Balai, Sumatera Selatan. Lokasi proyek dicapai dengan menempuh 6 jam perjalanan darat dari Ibu Kota Sumatera Selatan – Palembang. Area proyek ini merupakan area pegunungan yang memiliki potensi pergerakan tanah dan longsor yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut, perlu dilakukan pekerjaan perkuatan lereng atau slope protection.

Jenis perkuatan yang diaplikasikan pada lokasi ini adalah kombinasi antara soil nailing, ground anchor dan shotcrete crib. PT Freyssinet Total Technology bertanggung jawab atas pekerjaan soil nailing dan ground anchor terbagi dalam beberapa area pekerjaan. Hingga saat ini, Freyssinet sudah menyelesaikan lebih dari 500 titik pekerjaan ground anchor dan 1000 titik pekerjaan soil nailing dan jumlah tersebut masih dimungkinkan terus bertambah karena adanya tambahan area yang diberikan proteksi.

Ground anchor yang digunakan adalah tipe permanent ground anchor dengan 2 atau 3 strands dengan variasi panjang ground anchor mulai dari 13.5 m sampai 30 m. Sedangkan untuk struktur soil nailing menggunakan rebar diameter 19 mm dengan panjang antara 3.5 m hingga 5.5 m.

Owner : PT Pertamina Geothermal Energy (PGE)
Main Contractor : PT Multi Adverindo