Testing LRB Elevated Toll JAKARTA-CIKAMPEK

Untuk mengurangi kemacetan lalu-lintas pada ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, PT Jasa Marga sebagai operator pada ruas jalan Tol tersebut membangun struktur elevated toll road sepanjang 38 km yang diharapkan akan selesai dalam waktu dua tahun. Jalan tol ini akan dibangun di atas jalan tol eksisting tanpa mengganggu aktivitas lalu lintas di jalan tol eksisting tersebut. Melihat kondisi median jalan yang cukup sempit (lebar ± 5 m) dan dalam rangka menekan timbulnya gangguan pada jalan tol eksisting selama proses konstruksi, maka struktur pondasi, pile cap, dan piles harus didesain dengan ukuran seminimal mungkin.

Isolator seismik tipe LRB dipilih sebagai solusi karena kriteria desain yang paling menentukan pada area dengan kegempaan yang sedang hingga tinggi seperti Jakarta adalah kondisi seismik. Selain itu keuntungan dari penggunaan isolator seismic adalah pengurangan biaya total dari proyek ini akibat pengurangan dimensi pada struktur bawah dan fondasi.

 

 

SCOPE OF WORKS

PT Freyssinet Total Technology (FTT) memenangkan tender untuk paket pengadaan dan pemasangan 612 buah LRB D600 dan 750 buah LRB D700. FTT telah terlibat secara intensif pada proyek ini sejak tahun 2016 dan secara berlanjut memberikan technical supports mengenai kegempaan maupun seismic device kepada klien dan konsultan. Hal ini merupakan salah satu keunggulan Freyssinet yang selalu menerapkan standar yang ketat pada highly-engineered devices untuk semua proyek ISOSISM di Indonesia.

Bearings pada proyek ini didesain menggunakan standar CE marking. Pada awal April 2018, 2 buah LRB D600 telah berhasil diuji di laboratorium independen di Taranto, Italia. Seluruh perwakilan dari klien, tim ahli, dan EN Notification Body ikut hadir menyaksikan proses pengujian bearing. Setelah lulus dari pengujian, proses produksi bearing dapat dimulai dan diharapkan selesai pada bulan Mei 2018. Selanjutnya bearing akan dikirim ke Indonesia secara parsial, mengikuti progres pemasangan di lapangan.

Urutan dalam pekerjaan pengadaan dan pemasangan bearings adalah seismic engineering proposal – tendering stage – productions – testings – delivery – site installations yang harus dilaksanakan oleh FTT maupun FPC ITALIA untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan klien.

CLIENT
PT. Bukaka Teknik Utama

CONSULTANT
PT. Lapi Ganeshatama Consulting

CONTRACTOR
KSO Waskita – Acset

Dates of involvement
December 17 – Present