Seminar dan Workshop

Sistem Post-Tensioning & Seismic Device untuk Analisis dan Desain Jembatan

Pusat Studi Teknik Struktur – Jurusan Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan berkolaborasi dengan PT FREYSSINET TOTAL TECHNOLOGY dan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Komda Jawa Barat menyelenggarakan Seminar dan Workshop yang bertajuk “Sistem Post-Tensioning dan Seismic Device untuk Analisis dan Desain Jembatan” pada tanggal 7-8 Februari 2020. Bertempat di Hotel Harris Ciumbuleuit Bandung, acara ini resmi di buka oleh Bapak Doddi Yudianto, Ph.D. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan, Bapak Dr. Ir. Nathan Madutujuh, M.Sc. selaku Ketua HAKI KOMDA Jawa Barat dan Bapak Vincent Bernier selaku Managing Director PT Freyssinet Total Technology.

Seminar dan workshop ini berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama diisi oleh Bapak Yohanes Prakoso R, S.T. dari Freyssinet yang menjelaskan mengenai berbagai Metode pelaksanaan Konstruksi Jembatan dan aplikasi Post-tensionining pada struktur jembatan. Lalu dilanjutkan oleh Ibu Ir. Arvila Delitriana, M.T. dengan materi Perencanaan Struktur Jembatan dengan contoh proyek diantaranya Jembatan Kalikuto, LRT Kuningan dan Jalan Layang Kereta Api Medan. Dan terakhir diisi oleh Bapak Drajat Hoedajanto STSi, M. Eng, Ph.D. yang memaparkan kasus kegagalan jembatan di Indonesia.

Hari kedua, sesi pertama diisi oleh Bapak Jonathan Sandjaja, S.T. dengan materi tentang bagaimana cara perhitungan dari Pre-Stressed I Girder. Setelah itu, sesi kedua diisi dengan demo pelaksanaan tressing dari Freyssinet. Untuk Tutorial Program Perencanaan Jembatan dengan  menggunakan software “BridgeLink”dibawakan oleh Bapak Wisena Perceka, Ph.D dari  Unpar dan Bapak Dr. Ir. Nathan Madutujuh, M.Sc. dari HAKI Jawa Barat pada sesi ketiga. Sesi terakhir adalah dari Freyssinet yang diisi oleh Bapak Tri Suryadi, S.T., M.T. dengan materi Desain Seismic pada RC Bridge dan mengenai Sistem Kontrol Pasif untuk Jembatan.

Acara seminar dan workshop ini dihadiri oleh 119 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa, anggota HAKI, dan umum dari profesional dengan berbagai latar belakang. Peserta sangat antusias karena menurut mereka seminar dan workshop ini tidak hanya memaparkan teori saja, tetapi banyak juga menambah wawasan karena disertai dengan beberapa contoh proyek ditambah banyak nya sharing dari pengalaman pembicara yang memang ahli di bidangnya masing-masing.