MoU antara PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dengan PT Freyssinet Total Technology

Pembangunan di Indonesia yang masih terus berkembang dengan pesat selalu menuntut adanya inovasi baru pada proses konstruksi salah satunya di bidang  penunjang struktur jembatan dan bangunan terkait proteksi terhadap gempa yang merupakan salah satu keahlian dari PT Freyssinet Total Technology.

Seiring meningkatnya permintaan alat perlindungan gempa (seismic devices) pada struktur jembatan dan bangunan  serta tuntutan dari pemerintah terkait TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan mendorong naiknya angka produktivitas industri dalam negeri, pada tanggal 18 Februari 2021, PT Freyssinet Total Technology telah menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKA IKON) yang merupakan salah satu perusahaan fabrikasi baja terbesar di Indonesia sebagai bentuk kerjasama dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut.

Lead Rubber Bearing

Kerjasama yang dilakukan dengan salah satu anak perusahaan PT Wijaya Karya ini secara garis besar terdiri dari proses fabrikasi dan pemasaran. Dalam hal fabrikasi, WIKA IKON akan berperan dalam fabrikasi komponen baja dan assembly produk Freyssinet yaitu Lead Rubber Bearing (LRB) dan High-Damping Bearing (HDRB) sedangkan PT Freyssinet Total Technology sendiri akan berkontribusi dalam proses design dan value engineering, quality control, testing, serta produksi pada komponen non-baja.

Sedangkan dalam hal pemasaran, diharapkan dengan adanya kerjasama ini akan tercipta kolaborasi  yang dapat meningkatkan daya saing untuk menjadi terutama dan terdepan bukan saja hanya pada aspek teknikal tetapi juga pada aspek komersial untuk pasar produk konstruksi di dalam dan luar negeri.

Penandatangan MoU

Ditandatangani langsung di Pabrik Majalengka milik WIKA IKON oleh Direktur Utama PT Freyssinet Total Technology, Vincent J. Bernier, dan Direktur Utama WIKA IKON, Dwi Johardian, dengan disaksikan oleh perwakilan PUPR , perwakilan dari PT Wijaya Karya, tim dari PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dan PT Freyssinet Total Technology, menandakan telah dimulainya kerjasama di antara kedua belah pihak yang digadang akan memberikan kontribusi positif dan membuahkan sukses di masa depan.

Kunjungan bersama ke pabrik WIKA IKON di Majalengka
Presentasi dari PT Freyssinet Total Technology