RSUD Anutapura, Palu Menjadi Gedung Tahan Gempa Pertama di Indonesia Timur Berkat Instalasi LRB Buatan Lokal

Di tahun 2022, Freyssinet Total Technology mempelopori penggunaan produk Lead Rubber Bearing lokal sebanyak 80 unit di RS Anutapura, Palu, Sulawesi Tengah. Freyssinet Total Technology kini telah memproduksi Lead Rubber Bearing (LRB) secara lokal untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia dan pada proyek ini kami telah menginstalasi beberapa tipe LRB, yakni :
1.     LRB-N 950 sebanyak 45 unit
2.     LRB-N 850 sebanyak 27 unit
3.     LRB-S 900 sebanyak 8 unit
 

Diresmikan pada 26 Maret 2024 oleh Presiden Joko Widodo, RSUD Anutapura diklaim sebagai gedung pertama di Indonesia Timur yang menerapkan teknologi based isolation system. Pemasangan LRB pada gedung ini membuatnya tetap dapat beroperasi tanpa kerusakan meskipun mengalami guncangan gempa yang dahsyat.


Lead Rubber Bearing (LRB) dirancang untuk memberikan fitur isolasi dan disipasi pada struktur bangunan akibat beban seismik. LRB dapat digunakan pada gedung dan jembatan karena efektivitasnya dalam mereduksi gaya gempa sehingga menghasilkan kinerja struktural yang lebih baik dan efisiensi biaya pada tahap konstruksi dan pasca gempa.

LRB diproduksi secara lokal oleh Freyssinet Total Technology dengan nilai TKDN sebesar 76,25%. Freyssinet Total Technology bangga dapat berkontribusi pada upaya mitigasi bencana dengan menyediakan Lead Rubber Bearing (LRB) untuk berbagai proyek konstruksi di Indonesia.
 
Diskusikan lebih lanjut mengenai produk #LRB kami via e-mail di ftt@freyssinet.co.id
 


In 2022, Freyssinet Total Technology pioneered 80 units of local manufactured Lead Rubber Bearing products at Anutapura Hospital, Palu, Central Sulawesi. Freyssinet Total Technology has produced Lead Rubber Bearings locally to meet market needs in Indonesia and in this project, we have installed several types of local made LRB, such as:
1. 45 units of LRB-N 950
2. 27 units of LRB-N 850
3. 8 units of LRB-S 900

Inaugurated on 26 March 2024 by President Joko Widodo, RSUD Anutapura is claimed to be the first building in Eastern Indonesia to implement based isolation system technology . The installation of LRB in this building allows it to continue operating in the midst of earthquakes up to Magnitude 7.
 
Lead Rubber Bearing (LRB) is designed to give both isolation and dissipation features for the structure regarding seismic loading. These LRBs are commonly used in Buildings and Bridges due to their effectiveness of seismic force reduction, which leads to better structural performance and cost efficiency in the construction phase and post-earthquake event.